♦ Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional
♦ Kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan:
a. Peningkatan iman dan takwa;
b. Peningkatan akhlak mulia;
c. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat peserta didik;
d. Keragaman potensi daerah dan lingkungan;
e. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
Muatan Kurikulum Satuan Pendidikan
b. Bimbingan Konseling
Bimbingan Konseling di SMP IT Uswatun Hasanah Semarang tertuang dalam Program Perencanaan sebagai berikut ;
Assesment
Rasional
1. Konsep Dasar :
Mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang kondusif
2. Kondisi/sarana
Jumlah siswa : 315
3. Guru pembimbing
Taufik, S.HI, S.Pd
Tujuan dan Fungsi
Tataran
Membantu individu agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal
Penyadaran
Membantu individu agar mengenal dan menerima diri dan lingkungan secara obyektif dan dinamis
Akomodasi
Membantu individu agar dapat :
Mengambil keputusan oleh dan untuk diri sendiri
Mengarahkan diri sesuai dengan keputusan yang diambil
Fungsi
Fungsi pemahaman
Fusngsi pemeliharaan dan pengembangan
Fungsi pencegahan
Fungsi pengentasan
Fungsi advokasi